Simolap - Marike
Destinasi

Simolap - Marike

 

Sebuah kunjungan dengan akses yang cukup sulit, dan setidaknya harus menggunakan kendaraan berpenggerak 4x4, adalah poin yang perlu dipertimbangkan sebelum anda tiba di sebuah kawasan yang menjadi rumah bagi setidaknya 36 jenis burung endemik sundaland, 65% dari 129 spesies mamalia besar dan kecil di seluruh sumatera ini. Simolap-marike adalah seumpama miniatur bagi taman nasional gunung leuser.

Karena tingkat orisinalitasnya, simolap-marike lebih tepat dikelompokkan sebagai objek wisata minat khusus. Meskipun demikian, keberadaan air panas yang keluar dari perut bumi dan mengalir ke sungai (lau) murak yang sejuk di bawahnya telah memberikan daya tarik yang kuat untuk sejumlah wisatawan lokal, terutama pada hari-hari libur.

Kawasan wisata ini secara umum lebih banyak menawarkan petualangan alam dan revitalisasi pengetahuan lokal ketimbang wisata biasa. Pengelola lokal mulai melengkapi kawasan pemanfaatannya dengan akomodasi bernuansa jungle, dan memanfaatkan seni kayu yang ramah lingkungan dan asri. Paket-paket trekking yang ditawarkan meliputi hiking, penelusuran gua, sungai, hutan, dan menyaksikan aneka tanaman yang sangat populer belakangan dalam dunia kesehatan seperti tongkat ali (pasak bumi), gagaten harimau, serta rimpang-rimpangan liar maupun yang dibudidayakan.

Bagaimana cara menuju kesana?

Medan adalah hub internasional terdekat ke Kab.Langkat. Dengan bandara berstandar internasional, Bandara Internasional Kualanamu, Medan melayani maskapai penerbangan domestik dan internasional utama dari kota-kota besar di Indonesia dan Asia Tenggara.

 

Simolap - Marike berlokasi di Kecamatan Kutambaru, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara Wisatawan yang ingin ke Simolap - Marike disarankan menggunakan / menyewa kendaraan pribadi. Wisatawan yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, dapat menggunakan Bus Umum Pembangunan Semesta tujuan Marike dan turun di Terminal Marike, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan Ojek.