img
AKTIVITAS

Fauna

´╗┐Bicara bukit lawang selalu identik dengan orangutan (pongo abelii) di alam bebas. Tempat ini memberikan kesempatan paling praktis bagi pengunjung untuk bertemu jenis primata paling cerdas dan langka di planet ini. Tapi bukit lawang bukan sekadar itu. Ia juga menawarkan kekayaan fauna alam tropis yang dilestarikan.

Selain orangutan, jenis primata dan mamalia yang hidup di bukit lawang di antaranya adalah siamang, gibbon, kedih, monyet ekor panjang, monyet ekor pendek, gajah sumatra, beruang madu, kambing hutan sumatra, harimau sumatra, badak sumatra, dan lain-lain.

Orangutan bekas rehabilitan berkeliaran di tepi rimba dan perkebunan warga di pinggir desa. Meskipun telah hidup di alam bebas, mereka masih dapat dikenali melalui kebiasaan-kebiasaan dan wilayah jelajahnya.

Para pemandu biasanya memiliki informasi bersama tentang keberadaan atau posisi orangutan terkini. Khusus untuk informasi bunga bangkai, para pengunjung perlu memahami jadwal-jadwal mekarnya untuk memenuhi harapan dalam pengaturan perjalanan.

Adapun kehidupan dan tingkah laku aneka primata seperti kedih, gibbon, monyet ekor panjang, monyet ekor pendek, siamang, dan aneka unggas, bahkan telah dapat disaksikan melalui jendela penginapan dan meja restoran. Namun untuk penemuan yang lebih memukau, pilihannya adalah memasuki gerbang alam liarnya.